Jumat, 08 Desember 2017

Nyobain Bus Wisata Semarang

Beberapa minggu yang lalu, Saya dan keponakan mencoba sesuatu yang baru di Semarang. Bus wisata tingkat keliling kota Semarang. Slogannya "Yuk Muter muter Semarang" . Jadi, Pemerintahan Kota Semarang itu sedang mau ngembangin wisata yang ada di Semarang dan bus wisata ini jadi salah satu cara nya.

Bus Wisata Semarang

Bus wisata ini stand by di Museum Mandala Bhakti, depan Tugu Muda. Untuk jam keberangkatannya mulai dari jam : 08-00 ; 11.00 ; 13.00 ; 15:00 ; 17:00 dan 19:00 (khusus weekend). Selasa- Minggu, khusus Senin libur. Loket buka mulai jam 7 pagi. Bus wisata ini free, hanya dengan menunjukkan ID Card. Pembelian tiket nya sekarang dibatasi, jadi 1 orang hanya boleh antri dengan bawa 1 id card dan dapat 2 seat. Tiket nya antri banget, jadi kudu standby dari pagi. Antri hari itu, untuk pemberangkatan hari itu juga. Karena armada yang tersedia baru 1 unit jadi harus antri untu dapat tiketnya.

Karena penasaran, akhirnya ikutan antri deh saya. Setelah 2x mencoba antri dan kehabisan, akhirnya dapet juga tiketnya. Saya menukarkan 2 ID Card, jadi dapat 4 seat, karena kebetulan yang berangkat juga berlima. Kami dapat tempat duduk di atas,asiiikk.... Kami dapat yang jam 3.

Rute awal berangkat dari Museum Mandala Bhakti menuju Kawasan Kota Lama. Di Kota Lama kita turun sekitar 15 menit. Kemudian jalan lagi, melewati Jl Pemuda - Pandanaran lalu ke Kampung Pelangi dan disini kita turun 15 menit.Di Kota Lama dan Kampung Pelangi ini, banyak yang turun untuk foto-foto atau sekedar cari cemilan. Abis dari Kampung Pelangi, jalan lagi lewat Kaligarang - Sampokong - Kalibanteng terus kembali ke Museum Mandala Bhakti. Dan perjalanan selesai. Sebentar yaaaa? Tapi itu sampai 2 jam perjalanan loohh.

Kampung Pelangi

Saat saya naik, tour guide nya dari pihak Dishub kota Semarang.Memang untuk bus wisata perlu ada tour guide nya, biar lebih asik lagi. Jadi tau sejarah kota Semarang dan peninggalannya. Bus nya bersih,karena memang tidak boleh makan dalam bus. AC nya juga berasa jd ga kepanasan hehe.
Bagus lah Semarang ada bus wisata ini, jadi bisa ngembangin wisata nya dan masyarakatnya pun jadi lebih tau lagi sama Kota nya sendiri.
Yuk muter-muter Semarang.... 😊😊

Selasa, 04 Oktober 2016

Trip to Cirebon...

hello world...! ini adalah blog pertama n postingan pertama saya... hhehee,,, 😁
okeeee,,buat postingan pertama saya ini, saya mau ngeblog tentang liburan ke Cirebon kemarin.

Cirebon itu sebenarnya kota yang berkesan buat saya. Ibu saya dulu di besarkan di Cirebon, sampai akhirnya kemudian menikah dengan Ayah saya dan move ke Semarang. Cirebon itu enak, kemana-mana bisa naik becak. Dan makanannya pun enak dan beraneka macam. Dulu Ayah saya pernah bilang,,kalau Cirebon itu merupakan salah satu kota yang beliau suka dan ingin menghabiskan masa tua di kota itu. Tetapi,, itu semua ga akan kesampaian, karena sampai Ayah saya meninggal pun, Cirebon hanya sebagai kota singgah buat kami tetapi punya arti bagi kami...

Saya berangkat ke Cirebon Sabtu pagi jam 6, dari Jakarta bersama kakak dan keluarga dari ipar saya. Dari Jakarta sampai Bekasi dan Cikarang, jalanan masih ramai lancar. Tapi ketika sudah masuk Cikampek,,wuiihhh..maceeet bgt!! Macet panjang. Jauh dari dugaan kami, karena ternyata ada kecelakaan di Cikampek di dekat arah tol ke Cipali. Kita stuck 3 jam! ketika sudah masuk tol Cipali, jalanan lancar. Dan akhirnya sampai di Cirebon jam 1.30. Molor 3 jam dari perkiraan kami.

Destinasi pertama kita adalah kawasan Batik Trusmi. Kawasan batik trusmi ini kalau dari arah keluar tol Cipali, terus aja, lampu merah pertama  belok kiri. Dan sepanjang jalan itu banyak toko-toko batik Trusmi. Batik Trusmi ini adalah batik khas Cirebon. Banyak toko-toko batik di kawasan ini, tapi kita ke toko batik "BT" singakatan dari Batik Trusmi. Banyak kain batik dan baju batik yang bagus, asal jangan kalap aja dehhhh....hehee. *kekepindompet*

Batik Trusmi

Setelah puas milih-milih batik,, perut sekarang yang minta diperhatiin. Akhirnya kita makan di "Empal Gentong dan Empal Asem H. Apud " cabang yang di Plered, ga jauh dari kawasan batik trusmi tadi. Empal Gentong & Empal Asem H.Apud itu banyak cabang nya di Cirebon. Satu porsi sama nasi harga 30an. Empal gentong nya itu satu porsi bisa buat berdua. Dagingnya juga banyak. Bedanya empal gentong dan empal asem ini, kalau empal asem itu ga pakai santan. Hampir mirip sama sop kalau menurut saya, tapi saya suka banget yg ini. Segar bangettt. Di campur pakai sambal makannya, jadi biar lebih enak. Kalau empal gentong, ini pakai santan. Perpaduan antara gule n soto jakarta,hehee. Isi nya mereka daging sapi yang dipotong kecil. Enaaaak! Plus ada juga sate kambing yang daging nya empuk banget... Dan nyobain juga tahu gejrot. Tahu yang di goreng trus dipotong dadu, kemudian pake kuah sedikit, yang sudah dicampur pake bawang n agak sedikit pedas rasanya Tapi sy suka nih tahu gejrot.. Alhamdulillah puas banget makan disini,,kenyaaaang 😝😝

Abis dari situ baru lah kita istirahat bentar di Hotel. Malam nya, saat nya kulineran lagi. Kita nyoba Nasi Jamblang Mang Dul. Letak nya di Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo, belakangnya Grage Mall.  Nasi Jamblang ini khas Cirebon. Jadi nasi nya ditaruh diatas daun jati. Mungkin ini kali ya yang bikin sedep. Menu nya kita ambil-ambil sendiri. Ada macam-macam menu nya. Dan yang biasa selalu ada or yang jadi ciri khas menu dari nasi jamblang ini cumi dan udang nya. Yaaa,,secara Cirebon kota udang ya,hehee. Tapi olahan masakan mereka beda, jadi sedep dimakannya. Habis nasi jamblang, kita coba Nasi Lengko H. Barno. Tempat nya di sebelah Mang Dul situ. Saya suka banget sama nasi lengko ini, Ibu saya suka bikin dirumah, dan kesukaan ayah saya pula. Nasi lengko ini sebenarnya nasi di campur lengko. Lengko itu isinya taoge, tahu, tempe, timun dan dikasih bumbu kecap. Kalau Ibu saya bikin suka ditambahin daun kucai, jadi lebih enak. Selera sih ini, bisa ditambahin daun kucai, daun bawang or seledri. Terus makannya pakai kerupuk. Harus ada kerupuk nya sih kalo saya,,hehee. Oh iya,, didepan Nasi Jamblang Mang Dul tadi, ada yang jual Es Duren. Beli...?? beliiiii doongggg..... kalau lagi pergi gini, semua kudu di cobain...hahaha.

Perut udah di isi, saatnya muter-muter Cirebon di malam hari. Kota nya agak gelap sih,,,kurang penerangan lampu jalan nya dan banyak anak-anak muda yang nongkrong di jalan. Muter-muter,, lewat jl siliwangi, kapten Damsyur, Jogja Mall, lewat depan keraton. Dan pikiran saya pun teringat tentang sepupu, tante saya, ayah saya dan memori tentang Cirebon. Semenjak tante saya dan sepupu saya meninggal, yang memang deket banget hubungannya sm saya dan keluarga, jadi jarang juga ke Cirebon. Memang masih ada saudara di sini, tapi tetap suasana nya beda.

Selesai keliling Cirebon malam-malam, kita balik ke Hotel. Ini badan udah butuh istirahat. Perut juga udah kekenyangan bangettt.... Kita nginap di Aston Hotel. Enak karena pagi nya kita bisa naik sepeda free, keliling area Aston. Keponakan2 saya suka banget ini, saya juga siiihhh...heheee. Ada dokar nya juga dari hotel, fee nya 10rb per dokar. Cuma kami ga naik.  Setelah sarapan, kita pergi ke Pasar Kanoman. Disini sebenarnya banyak makanan. Ibu saya, ketika tau saya mau jalan-jalan ke Cirebon, langsung memberi tau saya tempat-tempat yang kudu dikunjungi di Cirebon. Pasar Kanoman salah satu nya. Di dekat jalan Kanoman, Ibu saya pernah cerita, kalau dulu sekolah nya dekat dengan jalan kanoman situ, sy lupa nama sekolah nya. Di pasar kanoman ini, ada yang jual Dage, makanan gt, dibungkus daun, mirip otak-otak, terus dimakan nya pake kerupuk mares. Di Pasar Kanoman juga ada yang jual manisan dan oleh-oleh khas Cirebon. Nama toko nya Sinta Manisan. Ada ikan asin, manisan, kue semprong, dll.  Pusat oleh-oleh juga ada di Plered, toko Daud nama nya.
Di depan toko Sinta Manisan ini, ada yang jual mangga gedong gincu, rasa nya manis banget. Kecil sih bentuk nya tapi rasanya manis! murah lagi....

Sebelum kita balik ke Jakarta, kita sempetin lagi makan nasi jamblang. Tapi kali ini Nasi Jamblang Bu Nur, di jl Cangkring II. Ini enaaaaaakkkk bangeeet! Saya nasi nya ampe 2,,ahahha. Masakannya pas, sukak banget deh! Sampai beli lauk nya buat di bawa pulang,hahahaa. Saya suka banget sambal nya. Dan rasa nya lebih enak dari yang kemarin saya coba. Ramai banget sih yang beli, antri. Tapi lumayan cepet dan ga bikin bete saking laper hahaa. Didepan nya juga jual Es Duren, harga nya 10 rb. Enak,, berasa duren nya.

Masih banyak kuliner Cirebon yang belum di cobain, ada bubur sop, mie koclok, docang, ampas kecap,dll. Tapi,,, time is up! Liburan nya udah kelar, saat nya balik ke Jakarta...
Tar moga bisa liburan lagi kesini dan ke daerah lain nya....

Cirebon dengan segala kenangannya... See you Cirebon!!!!